UML (Unified Model Language) adalah bahasa pemodelan yang telah disepakati bersama oleh developer di seluruh dunia untuk memodelkan perangkat lunak berorientasi objek. Jika bahasa pemodelan telah diseragamkan, para developer akan dengan mudah berkomunikasi dengan developer lain dengan menggunakan diagram-diagram yang ada dalam UML. Dalam jurusan RPL SMK, materi UML ini diberikan pada mata pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak. Sebenarnya untuk benar-benar memahami materi ini, peserta didik harus sudah memahami cara memprogram secara objek oriented karena yang dipelajari adalah menotasikan dan mendiagramkan objek dan sirkulasi dalam program tersebut. Diagram yang biasanya dibahas pertama kali adalah usecase diagram. Diagram ini digunakan untuk menggambarkan proses bisnis suatu sistem secara global. Berikut contoh usecase diagram:
Objek berbentuk seperti orang adalah actor. Sedangkan objek berbentuk oval adalah usecase. Contoh diatas menunjukkan bagian usecase digram toko online. Berikut keterngan tentang simbol dalam usecase diagram:
- Actor : Sesuatu yang mengakses/melakukan aktivitas pada usecase. Bisa berupa orang, mesin atau objek pelaku lainnya.
- Usecase : objek yang menggambarkan fungsi sistem. Biasanya usecase dinamai dengan kalimat kerja. Sedangkan pelakunya adalah aktor yang direlasikan. Usecase yang satu bisa berelasi dependensi / ketergantungan dengan usecase seperti usecase pembelian dengan usecase login.
Setiap usecase nantinya akan dijelaskan lagi secara detail dengan beberapa diagram yaitu:
- Activity diagram
- Sequence diagram
- Statechart diagram
sangat membantu infonya bu..
BalasHapusOke, jangan lupa tugasnya senin dikerjakan
Hapus